WORKSHOP ASESMEN LITNUM

Tirtoyudo – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, KORWIL Dinas Pendidikan Kecamatan Tirtoyudo menggelar workshop penyusunan asesmen literasi numerasi pada 29-30 Juli 2024. Kegiatan yang diikuti oleh guru dan kepala sekolah dari berbagai sekolah di Tirtoyudo ini bertujuan untuk menyusun instrumen asesmen yang valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa.

Ibu Insri Pangesti, sebagai pembuka acara, menyampaikan pentingnya asesmen dalam mengukur kemampuan siswa. “Asesmen yang baik akan membantu kita mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa, sehingga kita dapat memberikan pembelajaran yang lebih tepat sasaran,” ujarnya.

Dalam workshop asesmen kali ini menghadirkan  Ahmad Irfan dan Susana Eka Dewi sebagai narasumber. Para peserta dibagi menjadi tiga fase berdasarkan jenjang kelas, yaitu fase A (kelas 1 dan 2), fase B (kelas 3 dan 4), serta fase C (kelas 5 dan 6). Pembagian fase ini dilakukan untuk memudahkan peserta dalam memahami karakteristik peserta didik pada setiap jenjang kelas.

Hari Pertama:

  • Sesi 1: Mereview Asesmen Literasi dan Numerasi Peserta diajak untuk memahami kembali pentingnya asesmen dalam pembelajaran, serta perbedaan antara literasi dan numerasi. Selain itu, dibahas pula tujuan dari asesmen literasi dan numerasi, serta jenis-jenis asesmen yang dapat digunakan.
  • Sesi 2: Panduan Pembuatan Asesmen Para peserta diberikan panduan lengkap mengenai langkah-langkah dalam membuat asesmen yang baik, mulai dari merumuskan tujuan asesmen, menyusun kisi-kisi, hingga membuat soal yang valid dan reliabel.

Hari Kedua:

  • Sesi 1: Penyusunan Kisi-kisi Asesmen Peserta secara berkelompok menyusun kisi-kisi asesmen literasi dan numerasi sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan materi pembelajaran yang telah diajarkan.
  • Sesi 2: Pembuatan Sampel Soal Setelah kisi-kisi selesai disusun, peserta kemudian membuat contoh soal literasi dan numerasi yang sesuai dengan kisi-kisi yang telah dibuat.

Hasil yang Dicapai:

Melalui workshop ini, diharapkan para peserta dapat:

  • Memahami konsep asesmen literasi dan numerasi secara lebih mendalam.
  • Mampu menyusun kisi-kisi asesmen yang baik dan valid.
  • Membuat soal-soal asesmen yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

Melalui workshop ini, diharapkan para guru dapat menyusun asesmen yang sesuai dengan kurikulum dan dapat memberikan umpan balik yang efektif bagi pembelajaran siswa. Selain itu, workshop ini juga menjadi wadah bagi para guru untuk berbagi pengalaman dan berdiskusi mengenai berbagai tantangan dalam pembelajaran literasi dan numerasi.

Testimoni Peserta Workshop Asesmen Literasi Numerasi

  • “Workshop ini sangat bermanfaat bagi saya untuk meningkatkan kualitas asesmen yang saya buat.”
  • “Saya menjadi lebih paham tentang pentingnya literasi dan numerasi dalam pembelajaran.”
  • “Materi yang disampaikan sangat menarik dan mudah dipahami.”

Dengan adanya workshop ini, diharapkan kualitas asesmen literasi dan numerasi di Kecamatan Tirtoyudo semakin meningkat, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kemampuan siswa.

Fajarmedia IT